loading
please wait

Pantau Pelanggaran Siswa, SMAN 1 Pati Luncurkan Aplikasi AKPPS

27/03/2020

Program paperless yang diterapkan SMAN 1 Pati terus digalakkan. Mulai dari ujian semester yang sudah menggunakan android dan saat ini mengontrol pelanggaran dan prestasi siswa melalui aplikasi angka kredit prestasi dan pelanggaran siswa (AKPPS) di Mobile Exam PRO. Ini bakal diaplikasikan mulai hari ini (1/8/2019) di SMAN I Pati.

Kepala SMAN I Pati Budi Santosa menyampaikan mulai tahun ajaran 2019/2020 ini semua SMA harus menerapkan sistem teknologi di sekolah. Budi yang merupakan Ketua MKKS SMA Pati telah menerapkan terlebih dahulu di SMAN I Pati yang telah menerapkan paperless dan borderless school.

“Kedepan kami ingin meninggalkan kertas dan pembelajaran tanpa batas. Sebelumnya ujian semester sudah menggunakan android sehingga tanpa kertas, hingga mengontrol siswa juga melalui aplikasi bisa diakses oleh guru, siswa, hingga orangtua” jelasnya.

Di aplikasi itu, menjadi sistem kontroling untuk siswa. Disana tercatat prestasi dan pelanggaran yang dilakukan siswa. Ada 61 poin mulai pelanggaran ringan, sedang, hingga berat. Dari poin itu ada batas poin maksimal dan sisitem akan sendirinya mengirim notifikasi kepada orangtua dan guru. Orangtua bisa memantau anaknya dari aplikasi,” jelasnya.

Budi menginginkan siswa mulai ke arah think globally, act locally. Siswa diharapkan bisa berfikir secara global namun bertindak sesuai kearifan lokal. Kalau sukses tidak melupakan asal-usulnya. Untuk itu ia telah memberlakukan program paperless dan borderless school. Jaringan belajar siswa juga lebih luas, bisa belajar kepada guru di luar sekolah bahkan di seluruh Indonesia sampai luar negeri.

Sementara itu Waka Kesiswaan SMAN I Pati Amal Hamzah menambahkan, AKPPS telah diterapkan dan resmi diberlakukan mulai hari ini (1/8). Hasilnya, siswa sudah semakin baik. Yang sebelumnya keluar di jam pelajaran, yang datang terlambat, membuang sampah semarangan, dan lain sudah mulai merubah perilakunya.

Sistem kerja dari aplikasi itu yakni setiap guru yang menemukan pelanggaran akan mencatat di aplikasi guru Mobile Exam PRO. Ada 61 poin mulai dari pelanggaran ringan, sedang, hingga berat. Setiap pelanggaran ada sanksi. Bahkan pelanggaran berat seperti memukul guru, mencuri, menggunakan narkoba, berzina, mencuri, dan lainnya akan langsung dikeluarkan. Sementara pelanggaran ringan atau sedang berupa point.

“Saat ini sudah terkontrol dengan baik. Kalau ada apa-apa anak sudah paham. Kami guru sudah berpesan bahwa AKPPS itu kitab suci selama di sekolah. Jadi harus benar-benar diperhatikan. Selain menciptakan kedisiplinan, juga tercipta kondisi baik,” tuturnya.


Sumber : https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/08/01/149006/pantau-pelanggaran-siswa-sman-1-pati-luncurkan-aplikasi-akpps

Recent posts

    Leave a comment